Inilah 5 Manfaat Menanam Tumbuhan di Sekitar Rumah

Buat yang suka memelihara tumbuhan di sekitar rumah, kamu patut berbahagia. Sebab, tumbuhan yang ada di sekitar rumahmu ini memiliki banyak sekali manfaat buat kamu dan keluarga kamu loh. Bahkan tetangga yang didekat rumahmu pun bisa merasakan manfaatnya.

Selain itu, dengan memelihara tanaman di sekitar rumah, artinya kamu mampu membantu dunia dalam mengatasi pemanasan global yang tengah menjadi isu lingkungan yang hangat diperbincangkan.

5 Manfaat Menanam Tumbuhan di Sekitar Rumah

Lantas, sebenarnya apa aja sih manfaat yang bisa diambil dengan kamu menanam tumbuh-tumbuhan hijau di sekitar rumah ini? Simak beberapa manfaat dari Slunt selengkapnya:

Merindangkan rumah kamu

manfaat menanam tumbuhan di sekitar rumah
(sumber: pexels.com)

Karena di tanam di sekitar rumah, maka tentu saja keberadaan tanaman ini mampu membuat rumahmu menjadi lebih rindang. Kamu tidak perlu khawatir akan kondisi rumahmu saat cuaca panas nanti, karena dengan banyaknya tumbuhan tentu akan membuat udara di sekitar rumahmu terasa sejuk.

Selain itu, rumahmu juga akan mendapatkan bagian udara bersih. Fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan di pagi atau siang hari juga menguntungkan kamu untuk mendapatkan oksigen lebih banyak walaupun hanya di sekitar rumah.

Mengurangi kebisingan

manfaat memiliki tanaman di sekitar rumah
(sumber: pexels.com)

Buat kamu yang berada di lingkungan dengan kepadatan penduduk tinggi, memiliki tumbuhan di sekitar rumahmu akan sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan tumbuhan bisa meredam kebisingan. Biasanya tanaman yang digunakan untuk meredakan kebisingan ini adalah tanaman rambat atau pagar.

Menambah kesan estetik pada rumah kamu

(sumber: pexels.com)

Menanam berbagai macam tanaman di sekitar rumah, apalagi dengan warna tumbuhan yang warna-warni, tentu saja mampu menambah kesan estetik pada rumah kamu. Rumah bukan hanya sekadar sejuk saja, namun bisa menjadi terlihat lebih indah dengan berbagai tumbuhan yang ditanam di sekitar rumah tersebut. Orang yang melihatnya pun akan merasa senang dan damai dengan melihat pemandangan yang demikian.

Sumber makanan

(sumber: pexels.com)

Ternyata, selain memberikan udara segar dan memperindah rumah, menanam tanaman di sekitar rumah bermanfaat juga untuk memenuhi gizi kamu sehari-hari. Kamu tidak hanya bisa menanam tanaman yang fungsinya hanya untuk hiasan saja, namun kamu juga bisa menanam tanaman yang bisa dikonsumsi bersama keluarga. Misalnya adalah dengan menanam tomat, kacang panjang, wortel, sawi, bayam, dan masih banyak lagi. 

Menyimpan air untuk mencegah banjir

(sumber: pexels.com)

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa sistem perakaran tumbuhan itu memiliki peran besar dalam mengikat dan menyimpan air hujan di dalam tanah. Ketika tidak ada tumbuhan di sekitar rumahmu, maka air akan lewat begitu saja, sehingga tidak tersimpan. Hal ini akan sangat merugikan kamu di musim kemarau nanti, sebab ketersediaan air di sekitar rumah kosong akibat tidak adanya tumbuhan yang menyimpan air. 

Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah banjir. Tumbuhan bisa menyimpan air di dalam tanah, sehingga tidak akan menimbulkan genangan di permukaan.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika menanam tumbuhan atau tanaman di sekitar rumah. Kunci utamanya adalah kamu harus memiliki lahan yang digunakan agar tanamanmu bisa tumbuh dengan baik. Jadi pastikan ketika akan membangun rumah, sediakan juga lahan untuk tanaman kamu.

Editorial Staff

Love to write about home, lifestyle and review product.

Related Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *